Kamis, 03 Juni 2010

G1 Mataram Jadi Desa Otonomi

0 komentar
TUGUMULYO–Desa G1 Mataram, Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas (Mura) termasuk dari salah satu dari tiga desa otonomi. Tiga desa itu terdiri dari Desa G1 Mataram. F Trikoyo, dan M. Sitiharjo.
Kepala Desa (Kades) G1 Mataram, Beni mengatakan bahwa tiga desa yang di anggap mampu untuk menjadi daerah otonom pengangkatan ini di pilih dari dari kecamatan.
"Mulai di jadikan daerah otonom pada tahun 2010 ini, untuk Kabupaten Mura baru tiga desa yang di percayai sebagai daerah otonom," kata Beni, Rabu (2/6).
Beni menambahkan daerah otonom adalah daerah yang sudah dianggap mampu untuk mengatur menejemen perekonomian daerah. Sebelumnya daerah otonom sudah ditawarkan tetapi belum ada yang mau menjadi daerah otonom. "Karena takutnya nanti beranggapan tidak akan terlaksana. Kalau untuk kabupaten lain diluar Kabupaten Mura sudah banyak desa menjadi daerah otonomi," jelas Beni.
Ia menambahkan untuk Desa Mataram, F Trikoyo, M Sitiharjo dianggap sudah mampu menjadi contoh daerah otonom. "Kalau dana Bantuan Desa (Bandes) kita tida mendapatkan. Kita hanya honor dari anggaran belanja langsung dari kecamatan melalui PMD langsung diberikan ke desa," ungkap Beni.
Masih kata Beni, dana anggaran belanja lansung total biaya 150 Juta untuk seluruh perangkat desa dan BPD baru dicairkan Rp 35 Juta untuk 4 bulan pertama. Dari anggaran dana ini kita harus dapat memanage dalam perekonomian termasuk masalah pembagunan desa. "Tetapi kita juga dapat memanfaatkan program PNPM untuk pembangunan desa melalui swadaya masyarakat desa sendiri," pungkasnya.(05)

0 komentar:

Posting Komentar