Rabu, 02 Juni 2010

Program Desa Siaga Trikoyo akan Membangun Jamban

0 komentar
TUGUMULYO–Program Desa Siaga di Desa F Trikoyo, Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas pada 2010 direncanakan untuk pembangunan jamban bagi warga kurang mampu. Menurut Kades F Trikoyo, Sriyanto, perencanaan program desa siaga tahun 2010 telah memiliki sejumlah kegiatan, salah satunya membuat jamban untuk masyarakat.
"Pembuatan jamban itu khusus ditujukan kepada warga desa kurang mampu. Karena anggaran dana untuk per jamban Rp 700 ribu hingga Rp 1 Juta. Dan sistem pengumpulan dana dengan menggunakan system arisan. Sehingga bergiliran per Kepala Keluarga (KK)," kata Sriyanto, Selasa (1/6).
Adapun program Desa Siaga sudah terealisasi di Desa F Trikoyo diantaranya pengecekan warga yang terkena penyakit seperti Demam Berdarah Dengue (DBD), TBC, diare dan sebagainya. "Desa Siaga Mulai dilaksanakan untuk Desa F. Trikoyo dari tahun 2008, hanya mulai aktif pada 2009," tambahnya.
Ditanya manfaat dari desa siaga, Sriyanto menjelaskan cukup banyak. Salah satunya membatu masyarakat kurang mampu, seperti warga belum memiliki jamban sendiri lalu dapat diperbantukan dari program Desa Siaga. "Karena dengan adanya jamban dapat menjaga kesehatan di lingkungan masyarakat setempat," jelas Sriyanto.(05)

0 komentar:

Posting Komentar