Selasa, 08 Juni 2010

Masjid Agung Jadi Icon Mura Darussalam

0 komentar
MUARA BELITI–Masjid Agung di kawasan Agropolitan Centre Kecamatan Muara Beliti dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Mura menjadi icon Mura Darussalam. Pembangunan masjid Agung tersebut mencapai dana lebih kurang Rp 54 Miliar.
Kepala Bidang Program Dinas Pekerjaan Umum Ciptakarya dan Tataruang Kabupaten Mura, Ristanto menjelaskan untuk mengejar program Mura Darussalam maka Pemkab Mura berani mempertaruhkan dana sebesar Rp 54 Milyar untuk kemegahan sebuah masjid Agung. Di mana diharapkan rumah Ibadah tersebut dapat memberikan inspirasi dan menggugah masyarakat Bumi Lan Serasan Sekentenan untuk mendukung program tersebut.
“Pada pengembangan Masjid Agung tersebut akan dibangun empat lokal Taman Pendidikan Agama (TPA) ditambah dengan ruang guru, dan kantor pengurus, serta kantor Remaja Masjid yang diharapkan lebih menghidupkan suasana masjid,” papar Ristanto kepada wartawan koran ini Senin (7/6).
Dengan dana tersebut, lanjut dia, pihaknya akan membuat fasilitas dan Perkantoran guna menunjang segala kegiatan dilakukan di sekitar komplek Masjid Agung. “Keberadaan taman Masjid dan lokasi yang tepat berada di persimpangan jalan Lintas merujuk pada sebuah pemandangan yang khas dari Muara Beliti. Sehingga masjid itu bukan hanya untuk tempat shalat saja tetapi masih ada kegiatan lain bisa memberikan kesan hidup dari masjid itu sendiri,” jelasnya.
Ia menambahkan dengan lokasi berada di persimpangan nanti dapat dijadikan tempat untuk beristhirahat oleh masyarakat pendatang yang kebetulan melintasi komplek tersebut. Selain itu dengan adanya Tman Pendidikan Agama (TPA) bisa menjadikan masjid sebagai tempat untuk belajar mengajar. “Secara keseluruhan kita sudah menyelesaikan pembangunan masjid sekitar 70 persen,” papar Ristanto mengklaim untuk bangunan induk sudah selesai 95 persen.
Masih kata Ristanto, sampai saat ini Bupati Mura tetap konsen mendukung pembangunan Masjid Agung, yang rencananya ditargetkan rampung secara keseluruhan pada akhir tahun 2011. “Dengan penyelesaian Masjid Agung tersebut dapat menjadikan icon Darussalam di Kecamatan Muara Beliti. Serta memberikan identitas bagi Kabupaten Mura yang memiliki napas Islami,” pungkasnya.(05)

0 komentar:

Posting Komentar