Kamis, 27 Mei 2010

Bupati Segera Lantik Pengurus FPA dan KRA

0 komentar
MUARA BELITI–Sedikitnya 21 pengrus Forum Pembina Adat (FPA) kecamatan dan 277 Koordinator Rapat Adat (KRA) dari desa dan kelurahan dalam Kabupaten Musi Rawas (Mura), segera dilantik. Para pengurus FPA dan KRA itu akan dilantik Bupati Mura, Ridwan Mukti, Rabu (2/6) nanti di Pendopoan Bupati.
Demikian dikemukakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Mura, Rizal Efendi, didampingi Kabid Kebudayaan, Hamam Santoso, kepada wartawan koran ini, Rabu (26/5).
Rizal menambahkan, pembentukan FPA dan KRA sebagai upaya penggalian, pembinaan dan pelestarian budaya serta tradisi yang ada di masyarakat Kabupaten Mura. Dan Disbudpar sudah menunjuk 1.385 koordinator dan rapat adat di seluruh desa/kelurahan, 21 forum Pembina adat tingkat kecamatan, dan 28 pengurus forum Pembina adat tingkat kabupaten.
"Kita sudah memiliki FPA di kabupaten, jadi rencananya 2 Juni nanti bupati akan melantik pengurus FDA kecamatan dan KRA tingkat desa/ kelurahan," terang Rizal.
Ditambahkan Hamam Santoso, pelantikan itu sebagai salah satu tujuan pemerintah daerah menggali, membina, melestarikan adat budaya dan tradisi yang sudah berkembang di masyarakat sejak jaman dahulu.
Disamping itu, sambung Hamam, dalam kesempatan pelantikan itu ada penyerahan bantuan berupa alat-alat kesenian untuk sanggar kesenian di kecamatan dan sekolah tingkat SMA. "Usai acara pelantikan akan dilangsungkan penyerahan alat-alat kesenian, untuk 8 sanggar seni kecamatan dan 8 sanggar seni SMA," pungkasnya.
Kasubbag Pemberitaan Humas Pemkab Mura, Imam Subagja menginformasikan hari ini, Kamis (27/5) akan ada pertemuan di ruang advokasi yang membahas tentang persiapan pelantikan lembaga adat tersebut.(05)

0 komentar:

Posting Komentar