Jumat, 14 Mei 2010

Harga Sawit Relatif Stabil

1 komentar
MUSI RAWAS–Harga jual Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Kabupaten Musi Rawas, relatif stabil. Kendati ada fluktuasi (Turun naik harga), tetapi tidak terlalu signifikan. Kini harga TBS sawit ditingkat KUD berkisar Rp 1.313 per kilogram.
Manansyah (41), petani sawit di Kecamatan Karangjaya mengatakan seiring dengan stabilnya harga sawit, kini petani sudah mulai bergairah dalam bekerja. "Akhir 2009 lalu, harga sawit anjlok hingga Rp 300 perkilogram, dan petani sangat terpuruk. Namun belakangan ini harga sudah agak membaik dan relatif stabil kendati tidak sebaik harga saat sebelum anjlok yang mencapai Rp 2.000 lebih per kilogram," papar Manansyah kepada wartawan koran ini, Rabu (12/5).
Dijelaskan Manansyah, sekarang petani mulai melakukan pemupukan karena sudah memasuki musim kemarau. Jika musim hujan, petani kesulitan melakukan pemupukan, karena pupuk yang ditebarkan akan hanyut terbawa air hujan.
"Hanya saja musim hujan periode kali ini agak lama, sehingga berpengaruh terhadap produksi, akibat sawit mengalami turun harga. Biasanya saat kemarau, tapi kali ini juga terjadi di musim hujan. Akibatnya penurunan produksi bisa mencapai 50 persen dibandingkan normal," jelas Manansyah.(05)

1 komentar:

  1. percuma jugo sawit mahal tapi jalan buruk.... dak pacak di jual tulah.....

    BalasHapus