Kamis, 20 Mei 2010

Ke Depan Bakal Menjadi Pusat Bisnis dan Wisata

0 komentar
Watervang Wakil Linggau pada Lomba Kelurahan Tingkat Sumsel

Kelurahan Watervang menjadi wakil Kota Lubuklinggau pada lomba kelurahan tingkat Propinsi Sumsel 2010. Sebelumnya, kelurahan yang dipimpin Irwan DP Siregar itu memenangi lomba kelurahan tingkat Kota Lubuklinggau.

Agus Hubya Handoyo, Watervang
KELURAHAN Watervang dibentuk sejak 28 Oktober 2004 berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Kota Lubuklinggau nomor 17 Kota Lubuklinggau Tahun 2004 tentang pemekaran kelurahan. Kelurahan itu memiliki luas wilayah lebih kurang 78,95 Hektar persegi.
Kini Kelurahan Watervang dihuni 4.108 Jiwa yang terdiri 989 Kepala Keluarga (KK) tersebar di tujuh Rukun Tetangga (RT).
Kelurahan tersebut merupakan salah satu kelurahan di Kota Lubuklinggau yang sedang berkembang cukup pesat. Bisa jadi penyebabnya letak Geografis sangat menguntungkan dan sangat strategis untuk dijadikan pusat bisnis di kawasan Kota Lubuklinggau. Di mana masyarakat mayoritas berpenghasilan dari sektor jasa. Serta terdapat objek wisata bendungan watervang sebagai maskot kota ini.
"Tidak berlebihan kalau Kelurahan Watervang nantinya akan menjadi pusat bisnis dan pariwisata di Kota Lubuklinggau, dan juga penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Pemkot Lubuklinggau," kata Lurah Watervang, Irwan DP Siregar saat ditemui wartawan koran ini di kantornya, Rabu (19/5).
Irwan menjelaskan letak strategis itu setidaknya menjadi bahan acuan dan pertimbangan dalam rangka penilaian lomba kelurahan tingkat Propinsi Sumsel tahun 2010. "Kelurahan Watervang menjadi juara pertama lomba kelurahan tingkat kecamatan dan Kota Lubuklinggau. Lalu juara lomba Pos Kamling RT 02 tahun 2008 tercatat sebagai juara pertama hingga saat ini masih aktif berjalan," jelasnya.
Ditambahkan Lurah Irwan, partisipasi masyarakat cukup tinggi dalam gotong royong dengan swadaya murni, seperti pembangunan di jalan Nusa RT 07. "Kami juga mengadakan kelompok Desa Wisma. Kegiatannya, jimpitan besa, Teknolgi Tepat Guna (TTG), plankton dan gas," imbuhnya.
Lurah dan warga masyarakat Kelurahan Watervang berharap menjadi yang terbaik di Propinsi Sumsel. "Kami mohon dukungan semua pihak," pungkasnya.
Sebelumnya, Selasa (18/5), acara penilaian lomba kelurahan di Kelurahan Watervang dihadiri Tim Penilai Propinsi Sumsel, Guntur Ali, Diknas Propinsi Sumsel, Suldani, Wakil PPK, Endang P, PMK, Sri hasnawati. Kesbang, Najib, BPMD, Nurwiyanto dan Adi Yuswardi, Asisten III, Hermansyah Unip berserta pejabat pemkot dan kecamatan Lubuklinggau Timur I.
Dalam sambutan, Tim Penilai Propinsi Sumsel, Guntur Ali menjelaskan ada delapan kriteria penilaian lomba kelurahan. Diantaranya, adminitrasi kelurahan, partispasi masyarakat di bidang gotong royong, kebersihan, keamanan lingkungan, pembangunan. Sedangkan Asisten III, Hermansyah Unip, yang pada intinya berharap Watervang menjadi terbaik dan dapat mewaklili Propinsi Sumsel untuk mengikuti HUT RI 2010 di Istana Negara.(*)

0 komentar:

Posting Komentar