Rabu, 05 Mei 2010

Luapan Air Irigasi Genangi Rumah Warga

0 komentar
TUGUMULYO–Warga Dusun V Desa A Widodo Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas (Mura), mengeluh. Pasalnya setiap air irigasi meluap dan menggenangi halaman dan rumah mereka. Hal itu terjadi dampak dari pendangkalan saluran irigasi, akibat dari endapan lumpur dan sampah.
Menurut Kartin, salah seorang warga Dusun II Desa A Widodo kepada waratawan koran ini, Selasa (4/4), banjir ini hapir setiap hari terjadi. Apalagi kalau hujan turun.
Air irigasi ini mulai menggenangi halaman dan rumah warga sejak awal tahun 2010. "Tahun sebelumnya tidak pernah terjadi, dan saya juga tidak tahu apa penyebabnya. Kami sebagai warga minta kepada pemerintah agar melakukan upaya untuk mengantisipasi masalah ini,"kata Kartin.
Diakui Kartin, bahwa genangan air irigasi ini sangat mengganggu. Dan masalah ini memang belum dilaporkan warga kepada Kepala Desa (Kades) A Widodo, maupun ke Pemkab Mura. "Tetapi sepertinya kades sudah mengetahui, hanya belum ada tindakan saja,"ucap Kartin.
Kades A Widodo Masrizal, mengaku belum tahu adanya masalah itu. Dan dia minta warga melapor langsung ke pemerintahan desa, agar pihak pemerintah bisa membantu. Dan masalah saluran irigasi itu sudah sering dilakukan pembersihan dengan cara gatong royong. Tetapi kesadaran warga untuk tidak membuang sampah di saluran irigasi masih rendah.
Selain itu penyebabnya adanya pendangkalan, perlu adanya pengalian lagi, supaya air tidak meluap, ini sudah kami usulkan kepada KUPT Pengairan Umum, dan penyuluh supaya irigasi yang mengalami pendangkalan tersebut dapat dibenahi.
"Kalau untuk gotongroyong pembersihan sering kita laksanakan melalui desa siaga, kalau saat ini air irigasi sering menggenangi rumah warga di luar sepengetahuan kami. Insya Allah akan segera kami cek langsung ke lapangan," jelas Masrizal.(05)

0 komentar:

Posting Komentar