Kamis, 06 Mei 2010

Pasar Hewan Purwodadi Sepi Tanpa Aktifitas

0 komentar
PURWODADI–Pasar hewan di Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Musi Rawas (Mura) sepi dari penjual hewan ternak dan pengunjung. Sebagian kandang terlantar karena kosong dari hewan ternak yang akan dijual.
Kepala Pasar Hewan Purwodadi, Harta melalui pengelola pasar hewan Yuyun, kepada wartawan koran ini Rabu (5/4) mengatakan, pasar hewan ini terlihat sepi dari pengunjung, karena letak posisi pasar jauh dari jangkauan warga.
Ia mengakui kalau hanya untuk membeli sapi sekarang kebanyakan masyarakat langsung ke peternakan atau balantik. Tetapi untuk peternakan maupun blantik kalau setiap transaksi jual beli tetap membayar distribusi ke pasar hewan. "Dari retribusi ini akan menjadi Pendapatan Asli Derah(PAD) maupun inkam pasar," kata Yuyun.
Adapun para blantik maupun peternakan yang membayar retribusi itu merupakan blantik yang bekerjasama dan dibawah bimbingan maupun naungan Pasar hewan Purwodadi.
Yuyun menambahkan, setiap bulan pasti ada pengunjung datang ke pasar hewan ini, baik untuk merlihat hewan maupun transaksi. Adapun ternak yang ada di pasar hewan jumlahnya sedikit, yaitu 9 ekor sapi jenis Senebal, Sapi Bali, dan Limasin.
"Kalau sebelumnya perternakan di sini banyak, seperti peternak kambing maupun unggas, karena sekarang sudah banyak buka peternakan sendiri dan posisi pasar ini juga jauh dari jangkauan masyarakat. Sehingga pengujung langsung ke tempat peternakan," jelas Yuyun. Adapun blantik maupun peternakan sapi dibawah naungan pasar hewan diantaranya untuk Kecamatan Tugumulyo ada 14 Perternakan, Kecamatan Purwodadi dan STL Ulu Terawas 15 peternakan, dan Kecamatan Megang Sakti 8 peternakan. "Semua ini sudah bekerja sama dengan pasar hewan," ungkapnya.
Yuyun mengharapkan Pemkab Mura khususnya Dinas Peternakan dapat merehabilitasi kondisi pasar hewan karena banyak kandang terlantar tidak terpakai. Sehingga terkesan mubazir saja sedangkan kandang yang terlantarkan diantaranya kandang Ayam dengan luas 12x8 meter, kandang Kambing dengan luas 15x8 meter. "Kalau ada pembenahan diharapkan ada pemasukan untuk PAD," jelas Yuyun.(05)

0 komentar:

Posting Komentar