Kamis, 15 April 2010

15 Hektar Sawah di Desa Caruban Terendam

0 komentar
SUMBERHARTA–Masyarakat Desa Caruban Kecamatan Sumberharta, Kabupaten Musi Rawas (Mura), kembali mengeluhkan areal persawahannya terendam air dengan luas 15 hektar (ha).
Toyib, petani Desa Caruban kepada wartawan koran ini, Rabu (14/4) menjelaskan, sawah miliknya itu terendam sudah tiga hari ini. "Sekitar belasan hektar sawah yang terendam akibat hujan melanda. Dan air diduga berasal dari luapan Sungai Apur," kata Toyib.

Ia mengakui, setiap tahun tanaman padi di musim hujan banyak yang gagal karena sawah sering tergenang air. "Sawah saya sehektar rata dengan air, padahal baru saja menyemai bibit padi," keluhnya.
Toyib menambahkan, penyebab sawahnya terendam akibat luapan Sungai Apur yang diduga pembuangannya tidak lancar sehingga kalau hujan air meluap membanjiri persawahan warga. "Sampai-sampai banyak petani putus asa karena selalu gagal menanam. Hari ini menanam padi dan malam hujan maka besok sudah terendam sawahnya," jelas Toyib.

Selain itu Wito, petani yang sama menyatakan areal sawahnya dijadikan kolam ikan dengan jumlah bibit 60 ton ikan mas. Namun, akibat banjir ikan ini lari ke dalam sungai karena airnya rata sehingga melewati tanggul kolam. "Padahal kami hampir panen," kata Wito.

Ia mengaku banyak petani merugi karena selalu gagal tanam. "Diharapkan pemerintah peduli dengan petani di Desa Caruban, sebab kami tidak pernah bisa menanam padi. Sedangkan pendapatan hanya dari padi dan kolam ikan," papar Wito.

Wito menambahkan, permasalahan ini sudah sering diusulkan melalui Gapoktan, Musrenbang hingga diusulkan kepada Lurah Sumberharta yang lama, Dody. Dari penjelasan lurah didapatkan bahwa masukan petani segera diusulkan kepada pemerintah untuk memperbaiki pengairan Sungai Apur.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis Bagian Pertanian (UPTBP), Siti Khodijah mengatakan, sawah yang terkena banjir sekitar 15 ha diketahui mereka setelah petugas mengecek ke lapangan. "Hasilnya masih dicek di lapangan oleh penyuluh TKST, jadi belum bisa berapa seluruhya yang terkena banjir," jelasnya.(14)

0 komentar:

Posting Komentar