Kamis, 08 April 2010

Pasar Kalangan Sidorejo Masih Seadanya

0 komentar


f-Irhandi Kasmara/Linggau Pos
Peningkatan : Kondisi Pasar Kalangan di Desa Lubuk Tua perlu mendapat peningkatan. Foto diabadikan Rabu (7/4).



MUARA KELINGI–Pembangunan pasar kalangan di Dusun Sidorejo Desa Lubuk Tua, Kecamatan Muara Kelingi, sangat didambakan masyarakat setempat. Karena pasar kalangan ini merupakan pusat perekonomian masyarakat di empat desa di Muara Kelingi.

"Pasar kalangan di dusun kami dilaksanakan setiap Jumat itu merupakan tempat transaksi masyarakat di empat desa," kata Wagi, warga Dusun Sumber Sari Desa Lubuk Tua, Rabu (7/4).
Dilanjutkan Wagi, kondisi pasar kalangan dibentuk swadaya oleh masyarakat sekarang kondisinya masih seadanya. Hanya berupa los terbuat dari tiang kayu dan lapak beralaskan tanah.

Hal ini menyebabkan warga dan pedagang sulit berjualan karena pada saat musim penghujan kondisi kalangan berlumpur. Ia berharap ada perhatian pemerintah untuk membangun pasar kalangan. Diakuinya, setiap hari kalangan membuat transaksi sangat ramai. Namun dengan kondisi kalangan seadanya serta jarak tempuh menuju pasar kalangan yang jauh menyebabkan harga bahan pokok melambung tinggi.

Marno, salah seorang pedagang menuturkan pasar kalangan ini cukup strategis karena merupakan lintasan beberapa desa. Sehingga setiap hari kalangan sangat ramai dikunjungi pembeli. Namun kondisi pasar kalangan yang cukup memprihatinkan memyebabkan pedagang dari Lubuklinggau terkadang enggan masuk pasar kalangan. Ditambah kondisi jalan yang sulit dilalui saat musim penghujan membuat pedagang menaikkan harga jual.

Ia berharap pemerintah dapat membangun pasar kalangan ini, sebab disamping mensejahterakan masyarakat juga menambah pendapatan desa dari retribusi ditarik setiap pedagang.(11)

0 komentar:

Posting Komentar