Rabu, 28 April 2010

Tunggakan Pelanggan PLN Linggau Rp 1 Miliar Lebih

0 komentar
Pelanggan di Kecamatan Banyak Menunggak
LUBUKLINGGAU–Tunggakan pelanggan PLN Ranting Lubuklinggau hingga akhir April 2010 ini mencapai Rp 1.760.503.835. Jumlah tunggakan yang cukup besar tersebut disebabkan banyak pelanggan PLN belum melunasi pembayaran hingga tiga bulan terakhir.
Padahal, sesuai ketetapan diberlakukan PLN setiap pelanggan yang menunggak pembayaran hingga tiga bulan maka meteran pelanggan dicabut. Dan aliran listrik ke rumah pelanggan tersebut diputus.
Manager PT PLN (Persero) WS2JB Cabang Lahat Ranting Lubuklinggau, Suharmanto, dikonfirmasi melalui Supervisor Penagihan, Mashadi mengatakan bahwa pelanggan yang belum melunasi pembayaran tersebut biasanya membayar pada akhir bulan. "Mungkin mereka malas melakukan pembayaran ke kantor PLN atau kantor jaga yang ada di kecamatan. Namun, kita tetap menindak pelanggan bandel dengan melakukan pemutusan jaringan jika mereka menunggak hingga tiga bulan berturut-turut," kata Mashadi di ruang kerjanya, Selasa (27/4).
Lebih jauh Mashadi menambahkan, jumlah tunggakan pelanggan PLN di Kecamatan Rupit senilai Rp 183.540.880 diikuti pelanggan Surulangun Rawas Rp 54.663.475. Serta tunggakan pelanggan di Kecamatan Rawas Ilir Rp 17.593.720 dan tunggakan paling besar dilakukan pelanggan PLN di Kota Lubuklinggau mencapai Rp 1.760.503.835.
"Dibandingkan tunggakan Maret 2010 lalu mencapai Rp 658.326.435 membuat angka tunggakan ini pada April mengalami peningkatan dari sebelumnya. PLN tetap berusaha mengatasi agar tunggakan tersebut mengalami penurunan dengan bekerjasama pihak PLN Cabang Lahat turun ke rumah pelanggan yang tidak melunasi pembayaran hingga tiga bulan. Petugas melakukan pemutusan pada rumah pelanggan hingga mereka mesti mengurusnya ke kantor PLN agar aliran listrik kembali menyala," papar Mashadi.
PLN juga sebelum melakukan pemutusan telah menyampaikan surat peringatan kepada pelanggan bersangkutan hingga mereka menjadi paham bahwa pemutusan itu tidak langsung dilakukan petugas. "Melainkan ada mekanisme dengan memberitahukan kepada pelanggan tersebut. Kita imbau kepada pelanggan PLN dapat melunasi pembayaran tagihan rekening listrik setiap bulan dengan tepat waktu," harap Mashadi.(06)

0 komentar:

Posting Komentar