Jumat, 12 Maret 2010

Desa Sido Harum Berstatus Terisolir

0 komentar
Jalan Desa Tak Kunjung Ditingkatkan
SUKAKARYA–Warga Dusun Talang Sindang, Desa Sido Harum, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Musi Rawas (Mura), mengeluhkan jalan desa hingga kini belum ditingkatkan. Sehingga status desa menjadi terisolir.
“Jalan menuju desa kami sejak lima tahun ini tidak pernah tersentuh pembangunan masih berupa jalan tanah,” kata Warman (45), warga Desa Sido Harum, kemarin.

Ia menjelaskan, Jalan Sido Harum tembus ke Dusun Suka Rame sejak lama merupakan jalan tanah sulit dilalui kendaraan hingga musim penghujan seperti sekarang menjadi berlumpur. Sehingga menyulitkan warga keluar masuk desa.
Hancurnya jalan desa membuat sulitnya peningkatan perekonomian meski penghasilan warga yang manyoritas berkebun karet, namun harga karet di daerah itu jauh dibawah standar.

“Keadaan ini terjadi karena pengepul menawarkan karet mereka dengan sangat rendah berkisar Rp 6.000 hingga Rp 8.000, dengan alasan pengepul mahalnya ongkos angkut,” papar dia.

Mereka minta peningkatan jalan desa sehingga dapat lebih meningkatkan perekomomian masyarakat serta mempermudah keluar dari desa untuk membeli kebutuhan sehari-hari.
Keluhan senada dikatakan Saiman (37), mempertanyakan tidak ada keinginan pemerintah membangun jalan desa mereka sehingga desa itu masih terisolir.
“Kami warga desa merasa dianaktirikan karena peningkataan pembangunan tidak sampai ke desa kami,” keluh Saiman.

Selain itu fasilitas lain seperti listrik dan sarana air bersih juga belum ada di desa tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Diakuinya, permasalahan jalan ini sudah sering diajukan pemerintah desa untuk ditingkatkan tetapi hingga kini belum direalisasikan pemerintah.(11)

0 komentar:

Posting Komentar