Rabu, 31 Maret 2010

Kolam Deras Menghambat Pengairan ke Sawah

0 komentar
PURWODADI–Petani di Kecamatan Purwodadi mengeluhkan pengairan ke sawah mereka kurang lancar. Penyebabnya tak lain karena pengaruh dari kolam deras.
Salah seorang warga Kelurahan Purwodadi, Wasito mengatakan, pengairan irigasi sawah memang kurang lancar. “Kami hanya mengandalkan air hujan, kalau di musim kemarau sangat susah bagi para petani di sini,” kata Wasito, kemarin (30/3).

Wasito menambahkan, sulitnya pengairan irigasi karena air terbagi oleh pengelola kolam deras. Sehingga banyak yang terbuang berdampak pada pengairan di sawah.
Dikatakan Parmin, petani Desa F Trikoyo, Kecamatan Tugumulyo, masalah pengairan yang sering tidak lancar disebabkan banyaknya kolam air deras.

“Sebab air kolam tidak seluruhnya lari ke pengairan sawah. Kesulitan ini sudah sering kami ajukan melalui Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) baik ke penyuluh pertanian maupun Dinas PU Pengairan. Tapi hingga kini belum ada penyelesaiannya,” kata Parmin.

Di lain tempat, Momon Katma, Ketua Unit Pelaksana Teknis (KUPT) Badan Pertanian Kecamatan Tugumulyo membenarkan masalah pengairan petani sudah lama tersendat-sendat sejak adanya kolam air deras. Karena pembuangan dari kolam air deras tidak seluruhnya kembali ke sawah petani.

“Seharusnya air yang masuk misalnya 10 pembuangannya juga 10, tetapi kenyataannya berkurang 10 pembuangannya 7. Semestinya kembali seperti semula,” kata Momon.(14)

0 komentar:

Posting Komentar