Kamis, 18 Maret 2010

Infrastruktur di Enam Desa Memprihatinkan

0 komentar
MUARA KELINGI–Kurang baiknya infrastruktur jalan di sejumlah desa di Kecamatan Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas (Mura), mempengaruhi perekonomian masyarakat desa.

Keadaan ini dialami warga Desa Tugu Sempurna, Marga Sakti, Karya Mukti, Veteran Jaya, Beliti Jaya, dan Karya Sakti. Sebab, infrastruktur jalan di desa tersebut sekarang kondisinya memprihatinkan.

Menurut Sukijan, salah seorang warga Desa Marga Sakti, sepanjang 7 km jalan dengan kondisi parah. Kalau jalan itu tidak segera diperbaiki kemungkinan dapat putus dan tidak bisa dilalui kendaraan.
“Untuk masuk ke desa sekarang sangat susah karena kondisi jalan tanah yang berlumpur,” ujar Sukijan juga menjabat guru SD Desa Marga Sakti.

Dia menambahkan, sekarang warga di enam desa bukan hanya kesulitan beraktivitas tapi keadaan desa sulit dilalui kendaraan membuat harga kebutuhan pokok di desa makin melambung. Karena untuk masuk tidak bisa menggunakan mobil sehingga harus dilakukan dengan cara estapet menggunakan motor.

“Untuk mengangkut sembako sangat susah harus menggunakan cara estapet dari mobil dijemput dengan motor. Kondisi ini membuat harga kebutuhan pokok menjadi tinggi,” jelas Sukijan. Selain keadaan infrastruktur jalan juga ada empat jembatan besi sekarang kondisinya sangat memprihatinkan. Jembatan itu terbuat dari besi yang sudah usang dan kondisinya tidak layak untuk digunakan, karena apabila ada kendaraan yang melebihi tonase sangat mengkhawatirkan warga yang melintas di atas jembatan tersebut.

Keadaan ini dibenarkan warga lain, Antoko, yang tinggal di Desa Tugu Sempurna. Ia menyatakan sebenarnya jalan penghubung enam desa sudah beberapa kali dilakukan perbaikan, hanya saja faktanya sekarang kondisi jalan sudah rusak parah.

“Sebelumnya jalan daerah kami sudah beberapa kali diperbaiki, tapi memang ada perusahaan sawit yang mengangkut hasil perkebunan melewati jalan tersebut. Namun kerusakan jalan ini juga seharusnya menjadi perhatian serius pemerintah,” kata Antoko seraya menambahkan jika kondisi jalan rusak parah tidak segera diperbaiki, maka tidak menutup kemungkinan enam desa yang ada akan terisolir. Dan kondisi ini tentu sangat menyulitkan masyarakat.(11)

0 komentar:

Posting Komentar