Senin, 22 Maret 2010

Poskeslur Ulak Surung Siap Dioperasikan

0 komentar

POSE BERSAMA : Pengelola Poskeslur Ulak Surung berpose bersama dengan Lurah, Taufik Hidayat di depan bangunan Poskeslur, Sabtu (20/3).



Jalan ke Bangunan Berupa Tanah
LUBUKLINGGAU–Bangunan Pos Kesehatan Kelurahan (Poskeslur) Ulak Surung, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, selesai dikerjakan pelaksana pada pertengahan Maret 2010. Diprediksi Poskeslur berada di Jalan Bengawan Solo RT 08 ini bakal beroperasi dalam waktu dekat setelah serah terima dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Lubuklinggau.

Untuk diketahui, dana pembangunan Poskeslur dengan ukuran 11x11,5 meter persegi berasal dari Asian Development Bank (ADB) 2009. Dimana pelaksanaan proyek ini merupakan program nasional diperuntukkan bagi kabupaten/kota. Sementara pengerjaan bangunan Poskeslur dilakukan secara swakelola masyarakat sejak Desember 2009 lalu.
Lurah Ulak Surung, Taufik Hidayat didampingi Ketua BKM Bukit Sulap, Merizal menjelaskan, Poskeslur yang sudah selesai dibangun berfungsi membantu masyarakat dalam hal kesehatan yang sedang dialami warga. “Misalnya ada kejadian luar biasa (KLB) suatu penyakit, maka warga bisa melaporkan atau membawa penderita ke Poskeslur. Karena di sana ada bidan akan memberikan pengobatan pada penderita,” kata Taufik Hidayat di ruang kerjanya, Sabtu (20/3).

Poskeslur ini, lanjut dia, juga berfungsi mengurangi angka kematian bayi serta mengantisipasi penyebaran penyakit menular yang terjadi di Ulak Surung khususnya. “Bidan Komala Dewi siap memberikan pelayanan kesehatan bagi warga yang datang ke Poskeslur karena peralatan medis juga ada di sana,” papar Taufik menilai, keberadaan Poskeslur ini sangat mendukung program kelurahan, salah satunya program 10 pokok PKK dibidang kesehatan.

Sedangkan Merizal menambahkan, ada satu hal yang mesti menjadi perhatian Pemkot Lubuklinggau berkaitan dengan jalan menuju ke Poskeslur. “Sebab jalan menuju Poskeslur masih berupa jalan tanah yang sekarang kondisinya rusak. Kami berharap pemerintah melalui dinas instansi terkait memperhatikan jalan rusak menuju Poskeslur karena itu sangat penting sekali,” ujar Merizal yang juga menjabat Sekretaris Pengurus Poskeslur Ulak Surung. Ia berharap jalan menuju ke Poskeslur sepanjang 200 meter dengan lebar 3 meter dapat dibangun secepatnya, karena gedung telah siap difungsikan termasuk juga peralatan medis telah diterima dan sekarang ditampung di rumah pengurus Poskeslur.

“Kami sudah mengajukan usulan kepada lurah agar jalan menuju Poskeslur dapat dibangun dalam Musrenbang tingkat kelurahan. Dan mudah-mudahan diusulkan kembali pada Musrenbang tingkat kecamatan hingga Kota Lubuklinggau,” harap Merizal seraya menyebutkan, pengurus Poskeslur Ulak Surung diketuai Zulfikar, dan Bendahara Agus Masrin.(06)

0 komentar:

Posting Komentar