Jumat, 12 Maret 2010

Pemilik Kolam Deras Keluhkan Air Keruh

0 komentar
TUGUMULYO–Pemilik kolam air deras mengeluhkan air kolam mereka menjadi keruh akibat musim hujan yang turun beberapa hari terakhir.
Salah seorang pemilik kolam ikan deras di Desa Tegalrejo, Man mengatakan, kalau musim hujan air kolam deras keruh hingga mengkibatkan nafsu makan ikan miliknya berkurang.

Ia juga mengeluhkan banyak sekali sampah di dalam kolam akibat air yang masuk kedalam kolam. “Kondisi ini juga menimbulkan banyak sampah masuk kedalam kolam. Kalau kita tidak rajin membersihkan kolam maka sampah itu menutupi saluran pengairan sehingga membuat ikan mabuk. Jadi, kita harus lebih banyak membersihkan kolam pada musim hujan ini,” jelas Man.

Ditanya masalah umpan makan, Man mengatakan, untuk memberi makan dengan waktu satu jam sekali agar ikan cepat besar. “Kami memberikan umpan pelet ompet, tetapi kalau musim hujan ikan tidak terlalu rakus makan,” katanya, Kamis (11/3).
Ditanya soal panen, dijelaskan Man, panen ikan bisa dilakukan dengan cepat. “Kami bisa panen sampai dua bulan setengah karena petak kolam kami lumayan banyak. Dengan habis umpan sebulan normalnya sampai 10 ton,”imbuhnya.

Mengenai pembeli, Man mengatakan, untuk langganan di musim hujan tidak seperti biasa agak berkurang. “Karena orang lebih banyak membeli ikan dari sungai yang dijual di pasar,”katanya.
Di lain tempat, Juli, pengelola ikan kolam deras di Desa Widodo kepada wartawan koran ini mengatakan, kalau di musim hujan air kolamnya keruh dan banyak sampah.
“Tapi penghasilan panen kami tetap normal seperti biasa. Hanya di musim hujan kami harus lebih ekstra melakukan perawatan kolam deras agar tidak berpengaruh terhadap ikan,” jelas Juli, kemarin.(14)

0 komentar:

Posting Komentar