Rabu, 24 Maret 2010

KSP RIAS Sudah 25 Tahun Berdiri

2 komentar
PURWODADI–Sudah 25 tahun Koperasi Simpan Pinjam Rukun Iku Sentosa (KSP RIAS) berdiri di Desa P1 Mardiharjo, Kecamatan Purwodadi.
Manajer KSP RIAS, Muliana, dikonfirmasi melalui stafnya Adi Sumarta, kepada koran ini, Selasa (23/3) mengatakan, KSP RIAS sudah 25 tahun berdiri yang semula berawal koperasi ini hanya dari rumah ke rumah dengan anggota berjumlah 30 orang, dan modal awal Rp 20 ribu.
Adi Sumatra menambahkan, pada awalnya koperasi tersebut dikoordinir pada 1985 dengan nama Koperasi Kredit (KOPDIT) RIAS. “Saat itu koperasi ini tidak berbadan hukum sehingga banyak orang kurang percaya, maka anggotanya datang dan pergi serta dengan keanggotaan yang kecil sehingga saham dan permodalan kurang memenuhi kebutuhan anggota,” papar Adi.
Hingga 2000 anggotanya 100 orang, karena pada waktu itu yang diakui hanya Koperasi Unit Desa (KUD). Kemudian 2001, nama KOPDIT berganti menjadi KSP RIAS seiring dengan terbitnya Badan Hukum dari Dinas Perindagkop Kabupaten Mura.
Dengan adanya Badan Hukum tersebut KSP RIAS memasuki babak baru dalam pengelolaan simpan-pinjam, yaitu menggunakan sistem manajer dan karyawan. Sementara untuk pelayanan dilakukan setiap hari mulai
KSP
pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. KSP RIAS mulai berkembang hingga Maret 2010, anggotanya sudah mencapai 2300 orang. Sementara jumlah aset sekitar Rp 26 miliar. Untuk anggotanya berasal dari berbagai kalangan, mulai dari pegawai hingga petani. Namun sebagian besarnya dari petani. Adi mengatakan, adapun jenis simpan pinjam diantaranya simpan pinjam haji (Sihaj), simpan pinjam bunga harian (Suburhan), simpan pinjam sukarela berjangka (Sisuka), dan simpanan tabungan Siswa (Tasis)
Ditambahkannya, KSP RIAS juga bekerjasama dengan pihak sekolah yang ada di sekitar Kecamatan Purwodadi, diantaranya SD O Mangun Harjo, SD Mardi Harjo, SD Purwodadi, dan untuk jumlah karyawan 20 Orang.
Untuk meningkatkan pelayanan kepada anggota, Adi menjelaskan, KSP RIAS menjalin kerjasama dengan pemerintah yang dalam hal ini Departemen Koperasi (DEPKOP) UKM, guna mendapatkan pinjaman bergulir agrobisnis dan lembaga perbankan. Sementara itu pada 2006 hingga 2007, KSP RIAS telah meraih juara I untuk koperasi simpan pinjam se-Sumsel.(14)

2 komentar:

  1. gimana ne lw mau jadi karyawan di ksp rias hehehe...apa aj persaratannya..

    BalasHapus
  2. Gimna carany may jdi anggota di koprasi rias.

    BalasHapus